14 April 2008

Time it's Over ...

"Waktunya sudah selesai!
Yap...Selesai gak Selesai dikumpulkan !"

Demikian kalimat sakti bapak ibu guru kita di sekolah yang tentunya gak akan kita lupakan.Biasanya kalimat tersebut populer muncul saat musim ujian tiba.Dimana waktu menjadi terasa sangat sempit,dan bertumpuk-tumpuk buku bacaan sekolah mengantri menunggu giliran untuk "ditiduri" eh baca.
Banyak keanehan disekeliling kita mengenai sang waktu ini.

Pertama, waktu sangat terbatas.anehnya banyak diantara kita yang membuang waktu dengan kesibukan yang jauh dari manfaat (misalnya,kongkow2 tanpa tujuan,ngelonjor-alias ngelamun jorok,ngomongin orang,dll).Aneh memang,disepanjang jalan kita banyak melihat kebiasaan2 hidup yang tidak positif.

Kedua, waktu gak dapat diulang or diputer kembali.anehnya kenapa banyak diantara kita yang men sia-siakan kesempatan "emas" or "berlian" or "zamrut" saat ini.Tahun 2002 yang lalu saya mendapat kesempatan bergabung dalam program manajemen suatu perusahaan publik.Kesempatan itu tidak saya manfaatkan dengan maksimal,dan 2 tahun kemudian saya memilih untuk keluar dari perusahaan tersebut.Sekarang,3 tahun dari waktu saya memutuskan resign dari perusahaan tersebut,3 orang rekan sekerja seangkatan yang tersisa telah berada diposisi top manajemen.Wow.Orang2 bilang,ingaaa2...kesempatan gak datang 2 kali! Ada jutaan or miliaran opportunity didepan kita,berseliweran menunggu kita tangkap.Kita ga mungkin bisa menangkap 100 % kesempatan tersebut.Tapi minimal,0.0000sekian persen dari kesempatan itu bisa kita tangkap..kap..kap..Dan kalo kita dapat mengolahnya dengan serius,pasti hasilnya kembali ke kita juga.

Ketiga,berjalannya waktu..mengurangi usia hidup kita di muka bumi.Anehnya,kenapa banyak orang tidak mempunyai rencana yang matang untuk mempersiapkan sisa hidupnya untuk mendapatkan dirinya dalam kualitas hidup yang lebih baik dari sebelumya.Waktu SD dulu,saya dan teman2 sekelas mengucapkan selamat ulang tahun pada guru matematika sd yang saat itu ulang tahun.Dengan kritisnya,guru saya itu bertanya retoris,"Kenapa ulang tahun mesti di selametin?lha wong umur bapak semakin pendek dan berkurang 1 tahun?"Nah lho?

Hari ini,tepat 2 hari dari tanggal ulang tahun saya.
Doa,semangat,dan spirit yang saya harapkan,seperti yang sering didengar,
"Hari ini harus lebih baik dari kemarin,Besok harus lebih baik dari hari ini"
dan Masa Depan harus dijangkau dengan optimis seiring dengan terus berjalannya waktu !
Ayoooo semangat..ngat..ngat...!

No comments: